NAMA :
ANNY FITROTUL LAILI
NIM : 210610005
KELAS :
PG.A/VI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/I
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi dan pengelaman secara tertulis dalam bentuk
karangan, surat undangan dan dialog tertulis
KOMPETENSI DASAR : 4.1 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara
agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas dan lain-lain) dengan kalimat efektif
dan memperhatikan penggunaan ejaan
INDIKATOR : 4.1.1 Siswa
dapat menjelaskan bagian-bagian surat undangan
Siswa
dapat mengidentifikasi bagian-bagian surat undangan
4.1.2 Siswa dapat menulis surat undangan (ulang
tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas dan lain-lain) dengan
kalimat
4.1.3 Efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan bagian-bagian surat undangan
dengan benar
2.
Mengidentifikasi bagian-bagian surat
undangan dengan benar
3.
Menulis surat undangan (ulang tahun,
acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas dan lain-lain) dengan kalimat
efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan dengan baik dan benar.
MATERI
Menulis
Surat Undangan
METODE/STRATEGI
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Inquirig
minds want to know
3.
Demonstrasi
4.
Card
sort
5.
Tanya jawab
6.
Penugasan
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Strategi/Metode
|
Sumber/bahan/Alat
Pembelajaran
|
1’
1’
1’
1’
1’
|
· Salam,
doa dan absensi
· Guru
membuat pertanyaan terkait dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa
· Siswa
memberikan jawaban secara individu atau kelompok
· Guru
menampung jawaban sebagai jembatan materi yang akan disampaikan
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah Inquiring Minds Want To Know
|
Buku Absen
|
2.
Kegiatan Inti
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Strategi/Metode
|
Sumber/bahan/Alat
Pembelajaran
|
2’
1’
6’
2’
4’
3’
4’
|
· Guru
menjelaskan secara singkat kompetensi yang akan dimiliki siswa setelah
mengikuti pembelajaran
· Guru
menyiapkan alat yang diperlukan
· Guru
menjelaskan tentang materi
· Guru
membagi potongan kertas yang berisi tentang materi
· Siswa
berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama
· Siswa
mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas
· Guru
memberikan poin-poin penting terkait dengan materi
|
Demonstrasi
Card Sort
|
Spidol dan White
Board
Potongan Kertas dan
Jarum
|
3.
Penutup
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Strategi/Metode
|
Sumber/bahan/Alat
Pembelajaran
|
3’
1’
1’
1’
1’
|
· Guru
memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
· Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa
· Guru
memberikan motivasi kepada siswa agar rajin belajar
· Do’a
dan salam penutup
|
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan
|
Buku LKS Bahasa
Indonesia SD/MI Kelas 5
|
SUMBER/BAHAN/ALAT/KEBUTUHAN
1.
Buku LKS Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 5
2.
White Board
3.
Potongan kertas
4.
Spidol
5.
Jarum
6.
Buku Absen
LAMPIRAN
·
Hand Out Materi
·
Intrumen Penilaian (soal, kunci jawaban
dan pedoman penilaian dan penskoran)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
AHMAD
ZUBAIDI, S.Pd.I
|
Ponorogo, 1 April
2013
Guru Mata pelajaran
ANNY
FITROTUL LAILI
|
LAMPIRAN
1
Materi
Menulis
Surat Undagan
Jenis
surat terdiri dari surat pribadi, surat resmi, surat dinas, surat permohonan
maaf, surat ucapat terima kasih, surat permohonan izin, surat edaran dan surat
undangan. Surat undangan berisi permintaan atau ajakan untuk menghadiri suatu
acara, seperti rapat, pengajian, pernikahan atau pesta ulang tahun.
Surat
undangan dibedakan menjadi surat undangan resmi dan surat undangan tidak resmi
atau pribadi. Surat undangan resmi dikeluarkan oleh instansi, sedangkan surat
undangan tidak resmi dikeluarkan oleh perseorangan. Contoh surat undangan tidak
resmi yaitu undangan ulang tahun, pernikahan, lelayu dan sebagainya.
Bagian-bagian
surat undangan tidak resmi adalah sebagai berikut :
1.
Judul surat
2.
Alamat yang dituju
3.
Salam pembuka
4.
Isi surat
5.
Salam penutup
6.
Pengirim
LAMPIRAN
2
Lembar
Kerja 1
Tes Tertulis
I.
Ayo
pilih salah satu jawaban yang tepat dengan member tanda (x) pada huruf a, b, c
atau d!
1. Bahasa
yang digunakan dalam undangan ulang tahun adalah bahasa ….
a. Asing
b. Santai
c. Formal
d. Resmi
2. Surat
undangan dibedakan menjadi dua yaitu ….
a. Surat
undangan resmi dan surat edaran
b. Surat
undangan tidak resmi dan surat dinas
c. Surat
undangan resmi dan surat undangan tidak resmi
d. Surat
pribadi dan surat dinas
3. Contoh
surat undangan tidak resmi kecuali ….
a. Surat
dinas
b. Undangan
ulang tahun
c. Undangan
pernikahan
d. Undangan
lelayu
4. Bagian
surat undangan tidak resmi kecuali ….
a. Judul
surat
b. Kepala
surat (kop)
c. Alamat
yang dituju
d. Salam
pembuka
5. Demikian undangan kami, kami
mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara.
Kalimat
tersebut termasuk …. Surat
a. Pembuka
b. Isi
c. Penutup
d. Alamat
tujuan
II.
Mari melengkapi pernyataan-pernyataan
berikut ini dengan jawaban yang tepat.
1. Surat
undangan ulang tahun termasuk surat undangan ….
2. Ditulis di bawah tanda tangan.
Penulisannya diawali huruf capital. Akhir penulisan tanpa tanda baca.
Penjelasan
di atas merupakan bagian surat, yaitu ….
3. Surat
yang berisikan permintaan agar si penerima surat turut serta dalam kegiatan
yang diadakan oleh pihak pengirim surat disebut ….
4. Contoh
surat undangan tidak resmi adalah ….
5. Contoh
surat undangan resmi adalah ….
Kunci Jawaban
Tes
Tertulis
I.
1. B
2. C
3. A
4. B
5. C
II. 1. Tidak resmi
2. Pengirim
3. Surat resmi
4. Undangan ulang tahun
5. Surat dinas
No.
|
Nama Siswa
|
Jenis Tes
|
Rata-Rata
|
|
Pilihan Ganda
|
Soal Uraian
|
|||
|
|
Betul
x 4
|
Betul
x 6
|
20
+ 30 = 50
50
x 2 = 100
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar